Selasa, 29 Oktober 2013

7 Wisata Sungai Seru di Indonesia

Wisata di sungai, aktifitas pertama yang terlintas sudah pasti rafting. Padahal dengan ribuan sungai yang Indonesia miliki, harusnya wisatas ungai bukan melulu rafting.Berikut beberapa wisata
sungai selain rafting yang sudah bisa dinikmati di Indonesia.

1. Surfing di Sungai Kampar, Riau

 Kata siapa surfing Cuma bisa dilakukan di laut. Di sungai Kampar Provinsi Riau ini, kita bisa berselancar di sungai. Pada saat-saat tertentu, akan muncul gelombang besar yang bisa dijadikan objek berselanca. Gelombang terbesar bisa mencapai tiga meter. Objek wisata ini sudah terkenal di kalangan surfer mancanegara, bahkan sebuah web asal Prancis sudah menjual objek wisata ini di negaranya.

2. Belanja di Pasar Terapung Sungai Martapura, Kalimantan Selatan

Siapa yang tak tau Pasar Terapung khas Kalimantan Selatan. Seperti halnya pasar pada umumnya, di pasar ini juga berlangsung aktifitas jual beli. Dan semuanya berlangsung dari atas perahu kecil tempat si pedagang berjualan. Mulai dari hasil bumi sampai jajanan bisa kita dapatkan di Pasar Terapung ini. Pasar ini hanya ada di pagi hari setiap harinya.

3. Spa di Tepi Sungai Ayung, Bali

Jika idealnya spa dilakukan di dalam ruangan, maka lain halnya dengan spa yang satu ini. Spa yang didirikan di tepi Sungai Ayung ini menawarkan sensasi spa di atas batu alam di tepi sungai. Spa di alam terbuka yang sejuk sambil diiringi alunan gemericik air. Mau coba?


4. Live on board ala film Anaconda di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur

Anda masih ingat film Anaconda yang ber-setting tempat di Amazon? Tidak perlu jauh-jauh ke Amazon, di Indonesia juga ada. Tepatnya di Sungai Mahakam. Perjalanan menginap di atas kapal menyusuri Sungai Mahakam bisa dilakukan mulai dari kota Samarinda atau Tenggarong dan berakhir di kota kecil di tengah belantara Kalimantan, Muara Muntai. Di Muara Muntai, kita akan disambut oleh kearifan local adat Dayak.  Jika ingin melanjutkan perjalanan ke Danau Jempang atau Hulu Mahakam,  bisa menyewa perahu bermotor dengan biaya sewa yang cukup tinggi.

5. Cave Tubing di Kalisuci, Yogyakarta

Cave Tubing adalah kegiatan menyusuri gua di atas sungai dengan menggunakan ban. Kegiatan ini dilakukan di kawasan Karst Kalisuci Yogyakarta. Sungai yang dilalui saat cave tubing ini sejatinya adalah aliran sungai bawah tanah yang masih satu aliran dengan sungai bawah tanah yang mengalir di dasar Gua Jomblang dan Gua Grubug. Saat cave tubing ini, peserta akan menyaksikan panorama gua mulai dari terang sampai gelap gulita.

6. Body Rafting di Green Canyon Pangandaran, Jawa Barat

Jika rafting umumnya dilakukan dengan menggunakan perahu karet, lain  halnya dengan kegiatan body rafting di Sungai Cijulang, kawasan Green Canyon, Pangandaran Jawa Barat.  Di sini, kita akan menghanyutkan diri di sungai tanpa perahu karet, hanya menggunakan life jakcet agar tetap terapung. Selain itu, kita bisa sedikit menguji adrenalin dengan melompat dari atas batu-batu yang menjorok dari dinding tebing di sepanjang sungai.

7. Memancing di hutan bakau Sungai Sebong Bintan, Kepulauan Riau

Melihat minat wisatawan yang ingin menyusuri Sungai Sebong dan hutan bakaunya,  pemerintah Bintan Kepulauan Riau pun berinisiatif menjadikan kegiatan tersebut sebagai objek wisata, dengan menambahkan kegiatan memancing ala pemancing tradisional Bintan. Mulai dari memancing dengan senar sampai dengan jala,  akan disuguhkan dihadapan para wisatawan ini sambil menyusuri keindahan hutan bakau Bintan yang masih asri.

Indonesia itu sejatinya seperti potongan surga yang tertinggal di bumi.
Semua keindahan ada di bumi khatulistiwa ini.
Tinggal bagaimana kita mengembangkan potensinya dan menjaga keindahannya.
Selamat berlibur.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar